Senin, 11 April 2011

Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi


Barang dan jasa yang dihasilkan oleh setiap golongan masyarakat dalam suatu negara yang dijual kepada orang lain disebut produk nasional. Apabila produk nasional dinilai dengan uang disebut pendapatan nasional. Produk nasional maupun pendapatan nasional perlu dihitung untuk mengetahui kemajuan ekonomi dalam suatu negara. Produk nasional terdiri atas bermacam-macam produk yang jenisnya berbeda-beda. Tidak ada satuan alat ukur yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu, alat ukur yang paling mudah adalah harga. Dengan menilai setiap produk dengan harga, maka kita dapat mengetahui besarnya pendapatan nasional dalam suatu negara.

Konsumsi adalah bagian pendapatan yang dibelanjakan untuk kebutuhan konsumsi. Tabungan adalah bagian pendapatan yang tidak dikomsumsi.
Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional :
1. Permintaan dan penawaran agregat
2. Konsumsi dan tabungan
3. Investasi
Naik dan turunnya inflasi pada suatu negara sangat mempengaruhi tingkat pengangguran di negara tersebut karena dari situ terlihat daya saing dan kekuatan negara tersebut dalam meningkatkan pendapatan nasional negaranya sendiri.

Pertumbuhan ekonomi di indonesia sekarang ini berbeda saat zaman orde baru dibawah pimpinan presiden soeharto. saat zaman orde baru pertumbuhan ekonomi mungkin lebih baik. karena pada zaman itu salah satunya mungkin karena, sedikitnya partai dibandingkan dengan zaman sekarang yang memiliki banyak partai. karena terlalu banyaknya partai yang ada jadi, para investasi asing tidak lagi menanam sahamnya. karena selalu dimintai untuk mendanai konfoi partai tersebut. padahal saham asing sangat membantu pertumbuhan ekonomi negara.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More