Perkembangan Facebook di Indonesia sungguh luar biasa. Berbagai kalangan  mulai memanfaatkan situs generasi web 2.0 ini untuk berbagai hal. Mulai  ajang untuk mengkampanyekan diri (caleg), menjual jasa/service,  bertukar pikiran dalam komunitas, menjalin pertemanan sampai ajang  menjaga 'nilai jual' keartisan.
Tercatat berbagai macam nama  artis aktif menggunakan FB sebagai media untuk mendengar suara dari  penggemar mereka dan berinteraksi. Sebutlah nama seperti Nafa Urbach dan  komedian Parto Patrio. Mereka ini cukuf aktif menyapa dan berinteraksi  dengan penggemarnya.
Nafa Urbach bahkan sering mendiskusikan  berbagai jenis lagu sampai desain album barunya. Cukup menarik karena  dalam proses ini Nafa sangat memperhatikan komentar dari fansnya. Sebuah  proses marketing yang sangat mendengar suara konsumen utamanya.
Berbeda  halnya dengan Parto Patrio. Di tengah kesibukan syuting jadwal  padatnya, komedian satu ini sering menyapa para penggemarnya. Uniknya,  Parto sampai menyempatkan diri menulis pantun bagi penggemarnya sampai  membalas menulis di wall para fansnya hampir setiap hari.
Hal ini  dilakukan lewat piranti BlackBerry yang digenggamnya. Berikut salah  satu kutipan statusnya: 6 maret 2009, Parto : Liat bebek lagi kawin ama  soang, ada orang lewat 'mereka pada kabur,,,, kerja semangat hari jum'at  doang, apa karena besok semua pada libur. 10:05am-Comment-Like*
Tak  dapat dipungkiri, selain menjaga awarness masyarakat akan dirinya,  langkah cerdas ini akan menjaring penggemar baru bagi sang komedian.  Sampai-sampai para penggemarnya mendirikan group POS FB (singkatan dari  Perkumpulan Orang Sarap FB). Di dalamnya terjadi interaksi bercanda yang  sangat ampuh untuk menghilangkan stress ataupun kepenatan sehari-hari  (balas berbalas pantun dan becanda antara Parto dan para penggemarnya).  Suatu langkah marketing yang bijak. Low budget high impact, what do you  think?.
Piranti Blackberry yang digunakan oleh Parto, saat ini  juga menuai manisnya booming dari facebook. BB (panggilan trend  Blackberry) seolah menjadi piranti yang ampuh untuk melakukan posting di  Facebook. Karena selain digunakan untuk email, kegiatan lain yang umum  dilakukan pengguna BB adalah YM (Yahoo Messenger) dan Facebook.
Suatu  momentum yang sangat menguntungkan penjualan Blackberry di Indonesia.  Sampai-sampai 3 (Three) operator GSM di Indonesia, mencantumkan promosi  internetnya yang dapat digunakan untuk facebook (catat: Facebook bukan  Friendster) di iklan tvnya. Suatu pertanda untuk Friendster agar  melakukan inovasi agar tidak tertinggal jauh oleh Facebook.
Para  calon legislatif pun tidak segan-segan untuk mengucurkan dana kampanye  untuk berpromosi di Facebook. Presiden SBY pun telah memiliki page di  Facebook untuk menangkap trend web 2.0 dan mensosialisasikan diri di era  kemajuan informasi ini. Termasuk Presiden Obama tentunya.
Nah  sekarang, apakah anda akan tertarik untuk menyebarkan pesona anda guna  menjaring pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 2.874.980?




0 komentar:
Posting Komentar